Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya

Segmentasi pasar merupakan suatu kegiatan pengelompokkan macam-macam konsumen dalam pasar. Kelompok pembeli atau konsumen tersebut mempunyai karakteristik, perilaku dan kebutuhan yang berbeda dalam membeli suatu produk atau jasa.

Segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai suatu proses dalam mengidentifikasi dan juga menganalisis para konsumen termasuk mengenai perbedaan tiap konsumen di pasar. Oleh karena itu adanya segmentasi pasar dapat membuat proses pemasaran lebih terarah sesuai target konsumen yang dituju.

Dengan adanya pembagian kelompok konsumen melalui segmentasi pasar, tentunya akan mempermudah dalam memilih sasaran pasar dimana produk/jasa akan dijual dan dapat menggunakan strategi marketing yang sesuai dengan segmentasi yang dituju.


Pengertian Segmentasi Pasar


√ Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya
cpssoft.com

Menurut Philip Kotler & Gary Armstrong, segmentasi pasar merupakan suatu pembagian sebuah market menjadi kelompok-kelompok pembeli atau konsumen yang berbeda. Tujuannya adalah untuk dapat membagi pasar yang heterogen, menjadi kelompok yang dapat ditargetkan.

Target yang dimaksud adalahd alam memasarkan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan, karakteristik atau kebutuhan konsumen.

Sedangkan Pride & Fidel, segmentasi pasar merupakan suatu sistem dalam membagi atau mengelompokkan market pasar sesuai dengan segmen-segmen eplangga yang potensial, ditambah dengan karakteristik yang memperlihatkan adanya kesamaan dari tingkah laku konsumen.


Dasar Segmentasi Pasar


√ Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya
pixabay.com

Pada penetapannya, segmentasi pasar memiliki beberapa dasar-dasar variable yang diantaranya adalah:

1. Variabel Geografi

Diantaranya adalah ukuran daerah, kota, kepadatan iklim atau wilayah.

2. Variabel Demografi

Diantaranya adalah keluarga, pendapatan, pekerjaan, siklus hidup, dan umum.

3. Variabel Psikologis

Diantaranya adalah gaya hidup, kelas sosial, kepribadian, status pemakan, tingkat pemakaian produk, atau manfaat yang ingin diketahui.

Selain tiga dasar variabel di atas, terdapat dua dasar lain yang menjadi segmentasi pada pasar industri, yang diantaranya adalah:

  • Tahap pertama adalah meneatpkan segmentasi pasar secara makro, yaitu dengan berdasar pada pemakai akhir, lokasi bergerak, geografis dan banyaknya langganan.
  • Tahap kedua merupakan sikap yang ditunjukkan pada penjual, termasuk ciri-ciri kepribadian, atau kualitas produk.

Syarat Segmentasi Pasar


√ Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya
kukm.gunungkidulkab.go.id

Selain memiliki dasar-dasar, terdapat juga syarat-syarat segmentasi pasar yang diantaranya adalah:

Measurable (dapat diukur)

Pembagian kelompok segmentasi pasar haruslah terukur, termasuk besar, luas dan juga daya beli pembeli atau konsumen pada segmen pasar.

Actionable (dapat dilaksanakan)

Segmentasi pasar juga harus dapat dilaksanakan sehingga program atau strategi pemasaran yang disusun dapat dilaksanakan dengna efektif, efisien dan maksimal.

Substansial (cukup besar)

Syarat cukup besar (substansial) digunakan untuk membantu produsen atau perusahaan supaya bisa menilai apakah produk/jasa yang dijual dapat disegmentasikan dengan baik atau tidak dengan mengetahui kelayakan pasar.

Differentiable (dapat dibedakan)

Karena pada dasarnya mempersempit cakupan target pasar, maka segmentasi pasar haruslah dapat dibedakan dengan jelas tiap segmentasi dengan segemntasi lainnya.


Tujuan Segmentasi Pasar


√ Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya
nutshell.com

Selain memudahkan dalam mengelompokkan segmentasi konsumen, berikut merupakan tujuan dilakukannya segmentasi pasar:

  • Memudahkan ketika membedakan segmentasi pasar dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen.
  • Perusahaan/produsen dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan segmentasinya.
  • Strategi pemasaran atau marketing yang sudah disusun lebih terarah, efektif, efisien dan maksimal.
  • Dapat mengetahui dan mengenal competitor di segmen yan sama
  • Untuk dapat mengevaluasi target dan juga rencana bisnis

Manfaat Segmentasi Pasar


√ Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya
pixabay.com

Segmentasi pasar juag memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah:

  • Produsen/perusahaan bisa berada di posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan dalam pemasaran.
  • Produsen/perusahaan bisa menggunakan pengetahuan mengenai segmentasi yang diketahui terhadap respon dari pemasaran yang berbeda, supaya anggaran yang dialokasikan dapat lebih tepat digunakan.
  • Produsen/perusahaan bisa mengatur produk/jasa yang lebih baik dan memiliki daya tarik pada pemasarannya.

Keyword: Pengertian Segmentasi Pasar

Tinggalkan komentar