Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya
Segmentasi pasar merupakan suatu kegiatan pengelompokkan macam-macam konsumen dalam pasar. Kelompok pembeli atau konsumen tersebut mempunyai karakteristik, perilaku dan kebutuhan yang berbeda dalam membeli suatu produk atau jasa.
Segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai suatu proses dalam mengidentifikasi dan juga menganalisis para konsumen termasuk mengenai perbedaan tiap konsumen di pasar. Oleh karena itu adanya segmentasi pasar dapat membuat proses pemasaran lebih terarah sesuai target konsumen yang dituju.
Dengan adanya pembagian kelompok konsumen melalui segmentasi pasar, tentunya akan mempermudah dalam memilih sasaran pasar dimana produk/jasa akan dijual dan dapat menggunakan strategi marketing yang sesuai dengan segmentasi yang dituju.
Pengertian Segmentasi Pasar
cpssoft.com
Menurut Philip Kotler & Gary Armstrong, segmentasi pasar merupakan suatu pembagian sebuah market menjadi kelompok-kelompok pembeli atau konsumen yang berbeda. Tujuannya adalah untuk dapat membagi pasar yang heterogen, menjadi kelompok yang dapat ditargetkan.
Target yang dimaksud adalahd alam memasarkan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan, karakteristik atau kebutuhan konsumen.
Sedangkan Pride & Fidel, segmentasi pasar merupakan suatu sistem dalam membagi atau mengelompokkan market pasar sesuai dengan segmen-segmen eplangga yang potensial, ditambah dengan karakteristik yang memperlihatkan adanya kesamaan dari tingkah laku konsumen.
Dasar Segmentasi Pasar
pixabay.com
Pada penetapannya, segmentasi pasar memiliki beberapa dasar-dasar variable yang diantaranya adalah:
1. Variabel Geografi
Diantaranya adalah ukuran daerah, kota, kepadatan iklim atau wilayah.
2. Variabel Demografi
Diantaranya adalah keluarga, pendapatan, pekerjaan, siklus hidup, dan umum.
3. Variabel Psikologis
Diantaranya adalah gaya hidup, kelas sosial, kepribadian, status pemakan, tingkat pemakaian produk, atau manfaat yang ingin diketahui.
Selain tiga dasar variabel di atas, terdapat dua dasar lain yang menjadi segmentasi pada pasar industri, yang diantaranya adalah:
Tahap pertama adalah meneatpkan segmentasi pasar secara makro, yaitu dengan berdasar pada pemakai akhir, lokasi bergerak, geografis dan banyaknya langganan.
Tahap kedua merupakan sikap yang ditunjukkan pada penjual, termasuk ciri-ciri kepribadian, atau kualitas produk.
Syarat Segmentasi Pasar
kukm.gunungkidulkab.go.id
Selain memiliki dasar-dasar, terdapat juga syarat-syarat segmentasi pasar yang diantaranya adalah:
Measurable (dapat diukur)
Pembagian kelompok segmentasi pasar haruslah terukur, termasuk besar, luas dan juga daya beli pembeli atau konsumen pada segmen pasar.
Actionable (dapat dilaksanakan)
Segmentasi pasar juga harus dapat dilaksanakan sehingga program atau strategi pemasaran yang disusun dapat dilaksanakan dengna efektif, efisien dan maksimal.
Substansial (cukup besar)
Syarat cukup besar (substansial) digunakan untuk membantu produsen atau perusahaan supaya bisa menilai apakah produk/jasa yang dijual dapat disegmentasikan dengan baik atau tidak dengan mengetahui kelayakan pasar.
Differentiable (dapat dibedakan)
Karena pada dasarnya mempersempit cakupan target pasar, maka segmentasi pasar haruslah dapat dibedakan dengan jelas tiap segmentasi dengan segemntasi lainnya.
Tujuan Segmentasi Pasar
nutshell.com
Selain memudahkan dalam mengelompokkan segmentasi konsumen, berikut merupakan tujuan dilakukannya segmentasi pasar:
Memudahkan ketika membedakan segmentasi pasar dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen.
Perusahaan/produsen dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan segmentasinya.
Strategi pemasaran atau marketing yang sudah disusun lebih terarah, efektif, efisien dan maksimal.
Dapat mengetahui dan mengenal competitor di segmen yan sama
Untuk dapat mengevaluasi target dan juga rencana bisnis
Manfaat Segmentasi Pasar
pixabay.com
Segmentasi pasar juag memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah:
Produsen/perusahaan bisa berada di posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan dalam pemasaran.
Produsen/perusahaan bisa menggunakan pengetahuan mengenai segmentasi yang diketahui terhadap respon dari pemasaran yang berbeda, supaya anggaran yang dialokasikan dapat lebih tepat digunakan.
Produsen/perusahaan bisa mengatur produk/jasa yang lebih baik dan memiliki daya tarik pada pemasarannya.
Keyword:Pengertian Segmentasi Pasar
Originally posted 2020-10-13 11:10:21.
Related Posts:
8 Nama Nama Setan dan Sifatnya Nama Nama Setan dan Sifatnya – Setan merupakan keturunan dari iblis dan termasuk golongan jin yang mungkar. Adapula yang berpendapat bahwa setan bukanlah keturunan iblis atau makhluk layaknya iblis, tetapi…
Arti Marhaban Ya Ramadhan yang Selama Ini Kita Ucapkan Arti marhaban ya Ramadhan itu apa sih? Kita sering kali mendengar kalimat “marhaban ya Ramadhan”, tapi mungkin sebagian dari kita tidak atau belum tahu apa arti dari kalimat tersebut. Arti…
Pengertian Ekonomi | Cakupan, Motif, Prinsip dan Tindakannya Ekonomi merupakan ilmu sosial yang mempelajari hal-hal ativitas yang berkaitan dengan produksi, distribusi dan juga konsumsi pada barang atau jasa. Sedangkan ahli ekonomi atau yang juga dikenal sebagai ekonom merupakan…
Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro | Pengertian dan Contoh PERBEDAAN EKONOMI MIKRO DAN MAKRO - Sebelum memulai pembahasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro, nggak ada salahnya kan kalau kita mengulas ilmu ekonomi terlebih dahulu. Ilmu ekonomi merupakan salah satu…
Ruang Lingkup Ekonomi Mikro dan Aspek-Aspek yang DIkajinya Ruang lingkup ekonomi mikro membahas tentang berbagai permasalahan ekonomi dan cara mengatasinya. Melalui analisis teori ekonomi mikro diketahui bentuk, jenis, dan kegiatan ekonomi dalam masyarakat. Ekonomi mikro juga dapat diartikan…
8 Makanan Khas Batam yang Siap Memanjakan Lidah Pernah ke Batam? Atau ingin mengunjungi kota Batam? Batam merupakan salah satu daerah di Indonesia yang juga menjadi incaran para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja, melainkan juga wisatawan mancanegara…
Manfaat Pasar Modal Untuk Pengusaha, Pemerintah, Dan… Manfaat pasar modal – Orang-orang yang pernah belajar atau yang berkecimpung dalam bidang ekonomi tentu sangat familiar dengan istilah pasar modal. Bagi perusahaan atau institusi, pasar modal ini memberikan peranan…
Cara Membuat Furing Tas Rajut yang Bagus dan Unik Cara Membuat Furing Tas Rajut - Saat ini tas rajut sudah banyak digemari oleh banyak orang karena keunikannya. Selain itu, tas rajut juga mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Tas…
Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal serta Penjelasannya Perbedaan pasar uang dan pasar modal dapat diketahui secara langsung bahkan dari katanya saja. Mengenai perbedaan yang lebih jelas dapat diketahui dari definisi keduanya. Berikut ini definisi pasar uang dan…
Pengertian Evaluasi | Tahapan, Tujuan dan Fungsinya Evaluasi secara umum dapat dikatakan sebagai proses menilai hal atau objek tertentu dengan dasar mengacu pada acuan tertentu sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Evaluasi juga bisa diartikan sebagai proses dalam…
Prinsip Ekonomi serta Penjelasan tentang Tindakan… Prinsip ekonomi, yaitu usaha dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan barang atau jasa yang sebesar-besarnya. Terkadang orang juga mengartikan prinsip ekonomi sebagai prinsip dimana kita mengeluarkan modal kecil untuk mendapatkan…
6 Investasi Jangka Pendek dalam Bentuk Syariah Investasi jangka pendek banyak macamnya. Lalu apakah investasi jangka pendek itu? Apa saja investasi jangka pendek yang menguntungkan? Apa sajakah investasi jangka pendek yang ada di Indonesia dan sesuai syariat…
Perbedaan Saham dan Obligasi dari Definisi beserta… Perbedaan saham dan obligasi dapat dipahami dari definisi keduanya. Menurut KBBI saham bearti surat bukti kepemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberi hak atas dividen dan lain-lain sesuai besar kecilnya…
Alat Ukur Massa | Pengertian Massa dan Cara Mengukurnya Alat ukur massa adalah neraca dan timbangan. Neraca dan timbangan yang digunakan untuk mengukur massa pun ada banyak macamnya. Sebelum membahas alat ukur massa ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu…
Apa Itu Verb dan Verbal? (Pengertian, Macam, dan Contoh) Verb dan verbal adalah sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dimana verb sendiri bertindak sebagai kata kerja dan verbal sendiri adalah sebuah kalimat dimana di dalamnya terdapat verb. Apa Itu…
4 Pelaku Ekonomi dari Berbagai Elemen di Suatu… Pelaku ekonomi adalah orang-orang yang melakukan aktivitas ekonomi dan dapat diartikan pula sebagai pihak-pihak yang mencoba meyelesaikan permasalahan ekonomi. Di setiap kegiatan ekonomi pasti di dalamnya ada pelaku ekonomi. Dimana…
Strategi Pembelajaran | Pengertian, Macam-Macam dan… Supaya pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, di mana materi yang disampaikan oleh guru dapat tersampaikan dan dipahami serta dimengerti oleh para murid, maka diperlukanlah strategi pembelajaran yang tepat. Dengan menggunakan…
Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Rantai… Pengertian Rantai Makanan - Belakangan kita sering melihat berita kebakaran hutan terjadi di berbagai penjuru dunia. Sehingga mengganggu ekosistem dan merusak sistem rantai makanan yang ada. Beberapa hewan yang jumlahnya…
Hukum Forex Trading (Jual Beli Valuta Asing) Menurut Islam Hukum forex atau bisnis valuta asing (valas) secara online pada dasarnya diperbolehkan dengan ketentuan-ketentuan tertentu. Bisnis forex trading memang sangat menjanjikan dan menguntungkan, tapi dibalik itu semua ada unsur-unsur yang…
5W1H | Pengertian, Unsur, dan Contoh Penerapannya… Masih ingat dengan istilah 5W1H? Setiap pelajar di Indonesia barangkali pernah bersinggungan dengan istilah tersebut ketika bertemu mata pelajaran bahasa Indonesia. Karena memang 5W+1H merupakan rumus dasar yang dipelajari guna…