Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya
Segmentasi pasar merupakan suatu kegiatan pengelompokkan macam-macam konsumen dalam pasar. Kelompok pembeli atau konsumen tersebut mempunyai karakteristik, perilaku dan kebutuhan yang berbeda dalam membeli suatu produk atau jasa.
Segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai suatu proses dalam mengidentifikasi dan juga menganalisis para konsumen termasuk mengenai perbedaan tiap konsumen di pasar. Oleh karena itu adanya segmentasi pasar dapat membuat proses pemasaran lebih terarah sesuai target konsumen yang dituju.
Dengan adanya pembagian kelompok konsumen melalui segmentasi pasar, tentunya akan mempermudah dalam memilih sasaran pasar dimana produk/jasa akan dijual dan dapat menggunakan strategi marketing yang sesuai dengan segmentasi yang dituju.
Pengertian Segmentasi Pasar
cpssoft.com
Menurut Philip Kotler & Gary Armstrong, segmentasi pasar merupakan suatu pembagian sebuah market menjadi kelompok-kelompok pembeli atau konsumen yang berbeda. Tujuannya adalah untuk dapat membagi pasar yang heterogen, menjadi kelompok yang dapat ditargetkan.
Target yang dimaksud adalahd alam memasarkan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan, karakteristik atau kebutuhan konsumen.
Sedangkan Pride & Fidel, segmentasi pasar merupakan suatu sistem dalam membagi atau mengelompokkan market pasar sesuai dengan segmen-segmen eplangga yang potensial, ditambah dengan karakteristik yang memperlihatkan adanya kesamaan dari tingkah laku konsumen.
Dasar Segmentasi Pasar
pixabay.com
Pada penetapannya, segmentasi pasar memiliki beberapa dasar-dasar variable yang diantaranya adalah:
1. Variabel Geografi
Diantaranya adalah ukuran daerah, kota, kepadatan iklim atau wilayah.
2. Variabel Demografi
Diantaranya adalah keluarga, pendapatan, pekerjaan, siklus hidup, dan umum.
3. Variabel Psikologis
Diantaranya adalah gaya hidup, kelas sosial, kepribadian, status pemakan, tingkat pemakaian produk, atau manfaat yang ingin diketahui.
Selain tiga dasar variabel di atas, terdapat dua dasar lain yang menjadi segmentasi pada pasar industri, yang diantaranya adalah:
Tahap pertama adalah meneatpkan segmentasi pasar secara makro, yaitu dengan berdasar pada pemakai akhir, lokasi bergerak, geografis dan banyaknya langganan.
Tahap kedua merupakan sikap yang ditunjukkan pada penjual, termasuk ciri-ciri kepribadian, atau kualitas produk.
Syarat Segmentasi Pasar
kukm.gunungkidulkab.go.id
Selain memiliki dasar-dasar, terdapat juga syarat-syarat segmentasi pasar yang diantaranya adalah:
Measurable (dapat diukur)
Pembagian kelompok segmentasi pasar haruslah terukur, termasuk besar, luas dan juga daya beli pembeli atau konsumen pada segmen pasar.
Segmentasi pasar juga harus dapat dilaksanakan sehingga program atau strategi pemasaran yang disusun dapat dilaksanakan dengna efektif, efisien dan maksimal.
Substansial (cukup besar)
Syarat cukup besar (substansial) digunakan untuk membantu produsen atau perusahaan supaya bisa menilai apakah produk/jasa yang dijual dapat disegmentasikan dengan baik atau tidak dengan mengetahui kelayakan pasar.
Differentiable (dapat dibedakan)
Karena pada dasarnya mempersempit cakupan target pasar, maka segmentasi pasar haruslah dapat dibedakan dengan jelas tiap segmentasi dengan segemntasi lainnya.
Tujuan Segmentasi Pasar
nutshell.com
Selain memudahkan dalam mengelompokkan segmentasi konsumen, berikut merupakan tujuan dilakukannya segmentasi pasar:
Memudahkan ketika membedakan segmentasi pasar dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen.
Perusahaan/produsen dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan segmentasinya.
Strategi pemasaran atau marketing yang sudah disusun lebih terarah, efektif, efisien dan maksimal.
Dapat mengetahui dan mengenal competitor di segmen yan sama
Untuk dapat mengevaluasi target dan juga rencana bisnis
Manfaat Segmentasi Pasar
pixabay.com
Segmentasi pasar juag memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah:
Produsen/perusahaan bisa berada di posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan dalam pemasaran.
Produsen/perusahaan bisa menggunakan pengetahuan mengenai segmentasi yang diketahui terhadap respon dari pemasaran yang berbeda, supaya anggaran yang dialokasikan dapat lebih tepat digunakan.
Produsen/perusahaan bisa mengatur produk/jasa yang lebih baik dan memiliki daya tarik pada pemasarannya.
Keyword:Pengertian Segmentasi Pasar
Related Posts:
Strategi Pembelajaran | Pengertian, Macam-Macam dan… Supaya pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, di mana materi yang disampaikan oleh guru dapat tersampaikan dan dipahami serta dimengerti oleh para murid, maka diperlukanlah strategi pembelajaran yang tepat. Dengan menggunakan…
Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Secara Umum Arus globalisasi telah melanda di berbagai penjuru dunia. Salah satu dampaknya terjadi pada bidang sosial dan budaya suatu bangsa. Awalnya, globalisasi hanya dapat dirasakan di beberapa kota besar yang ada…
Doa Masuk Pasar Lengkap (Arab, Latin dan Terjemahannya) Pasar adalah tempat bertemunya penjual dengan pembeli. Tidak hanya itu pasar juga tempat bertemunya manusia satu dengan yang lain dengan berbagai kepentingan niaga atau sekedar hiburan semata. Seperti tempat umum…
Perbedaan Saham dan Obligasi dari Definisi beserta… Perbedaan saham dan obligasi dapat dipahami dari definisi keduanya. Menurut KBBI saham bearti surat bukti kepemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberi hak atas dividen dan lain-lain sesuai besar kecilnya…
Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Rantai… Pengertian Rantai Makanan - Belakangan kita sering melihat berita kebakaran hutan terjadi di berbagai penjuru dunia. Sehingga mengganggu ekosistem dan merusak sistem rantai makanan yang ada. Beberapa hewan yang jumlahnya…
Kualitas atau Kwalitas, Yang Benar Menurut Ejaan… Dalam membaca atau menulis, kita sering kali dihadapkan pada kata-kata yang memiliki ejaan yang sama, tapi berbeda makna. Salah satunya adalah kualitas atau kwalitas. Kedua kata tersebut seringkali menimbulkan perdebatan…
Pengertian, Sistem dan Manajemen Agribisnis [LENGKAP] Pengertian, Sistem dan Manajemen Agribisnis - Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai banyak hal berkaitan dengan agribisnis. mulai dari pengertian agribisnis dan sistem agribisnis, manajemen agribisnis, manajemen produksi agribisnis, pemasaran dan…
Ruang Lingkup Ekonomi Mikro dan Aspek-Aspek yang DIkajinya Ruang lingkup ekonomi mikro membahas tentang berbagai permasalahan ekonomi dan cara mengatasinya. Melalui analisis teori ekonomi mikro diketahui bentuk, jenis, dan kegiatan ekonomi dalam masyarakat. Ekonomi mikro juga dapat diartikan…
Pengertian Koperasi dan Prinsip-Prinsip Menjalankannya Pengertian Koperasi – koperasi, bisa dibilang menjadi salah satu kerja kolektif yang membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, atau paling tidak membantu masyarakat untuk bisa nemenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Adalah koperasi, wadah…
Yuk Mengenal Analisis | Pengertian, Turunan Kata dan… Jika berbicara analisis, akan ada banyak pengertian yang berbeda sesuai dengan dalam bidang apa analisis tersebut disebutkan. Namun meskipun memiliki pengertian yang berbeda-beda, benang merah dari atau inti dari analisis…
Kritik dan Saran untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Hai! Saat Anda sebagai pelanggan mengunjungi suatu perusahaan, mungkin tidak selalu semuanya berjalan mulus dan sempurna. Dalam situasi ini, Anda sebagai pelanggan berhak memberikan kritik dan saran untuk perusahaan tersebut.…
Produk Bank Syariah yang Bisa Diakses oleh Nasabah Produk bank syariah ada banyak macamnya, tapi tentu berbeda dengan produk yang ditawarkan oleh bank-bank konvensional. Produk-produk yang ditawarkan oleh bank syariah sudah seharusnya tidak mengandung unsur riba. Berbeda dengan…
Pembagian Ilmu Ekonomi | Pengertian dan Penjelasan… Pembagian Ilmu Ekonomi - Apa sih ekonomi? Kebanyakan orang pasti berpikir ekonomi sangat berhubungan dengan uang, hal ini dikarenakan setiap materi-materi yang diajarkan dalam ekonomi selalu menceritakan masalah keuangan. Bagaimana…
4 Alat Ukur Berat dari yang Ringan Sampai yang Berat Alat ukur berat ada banyak macamnya. Mulai dari timbangan untuk beban 0 – 5 kg, timbangan berat badan, timbangan pasar, timbangan beban berat, jembatan timbang, neraca lengan, hingga neraca elektronik.…
Arti Marhaban Ya Ramadhan yang Selama Ini Kita Ucapkan Arti marhaban ya Ramadhan itu apa sih? Kita sering kali mendengar kalimat “marhaban ya Ramadhan”, tapi mungkin sebagian dari kita tidak atau belum tahu apa arti dari kalimat tersebut. Arti…
4 Pelaku Ekonomi dari Berbagai Elemen di Suatu… Pelaku ekonomi adalah orang-orang yang melakukan aktivitas ekonomi dan dapat diartikan pula sebagai pihak-pihak yang mencoba meyelesaikan permasalahan ekonomi. Di setiap kegiatan ekonomi pasti di dalamnya ada pelaku ekonomi. Dimana…
Perbedaan Ekonomi Islam dan Konvensional [LENGKAP] Perbedaan ekonomi Islam, konvensional sangat terlihat jelas dari segi prinsip dan dasar hukum yang diterapkan. Jika sistem ekonomi konvensional lebih bersifat liberal dan matrelialis, maka berbeda dengan sistem ekonomi Islam…
Pengertian Evaluasi | Tahapan, Tujuan dan Fungsinya Evaluasi secara umum dapat dikatakan sebagai proses menilai hal atau objek tertentu dengan dasar mengacu pada acuan tertentu sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Evaluasi juga bisa diartikan sebagai proses dalam…
Arti Longlast dan Long-Lasting dalam Bahasa Indonesia Hai semua, kalian pasti pernah dengar kata "longlasting" atau "longlast" kan? Ini adalah istilah dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai tahan lama atau awet. Terkadang kita pun suka menggabungkan kata…
8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi Banjarmasin merupakan kota Kalimantan Selatan yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai. Selain julukan itu, Banjarmasin juga merupakan kota yang terkenal dengan pasar apungnya. Sebagai salah satu kota besar di Kalimantan…