Segmentasi Pasar | Pengertian, Dasar, Syarat, Tujuan dan Manfaatnya
Segmentasi pasar merupakan suatu kegiatan pengelompokkan macam-macam konsumen dalam pasar. Kelompok pembeli atau konsumen tersebut mempunyai karakteristik, perilaku dan kebutuhan yang berbeda dalam membeli suatu produk atau jasa.
Segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai suatu proses dalam mengidentifikasi dan juga menganalisis para konsumen termasuk mengenai perbedaan tiap konsumen di pasar. Oleh karena itu adanya segmentasi pasar dapat membuat proses pemasaran lebih terarah sesuai target konsumen yang dituju.
Dengan adanya pembagian kelompok konsumen melalui segmentasi pasar, tentunya akan mempermudah dalam memilih sasaran pasar dimana produk/jasa akan dijual dan dapat menggunakan strategi marketing yang sesuai dengan segmentasi yang dituju.
Pengertian Segmentasi Pasar
cpssoft.com
Menurut Philip Kotler & Gary Armstrong, segmentasi pasar merupakan suatu pembagian sebuah market menjadi kelompok-kelompok pembeli atau konsumen yang berbeda. Tujuannya adalah untuk dapat membagi pasar yang heterogen, menjadi kelompok yang dapat ditargetkan.
Target yang dimaksud adalahd alam memasarkan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan, karakteristik atau kebutuhan konsumen.
Sedangkan Pride & Fidel, segmentasi pasar merupakan suatu sistem dalam membagi atau mengelompokkan market pasar sesuai dengan segmen-segmen eplangga yang potensial, ditambah dengan karakteristik yang memperlihatkan adanya kesamaan dari tingkah laku konsumen.
Dasar Segmentasi Pasar
pixabay.com
Pada penetapannya, segmentasi pasar memiliki beberapa dasar-dasar variable yang diantaranya adalah:
1. Variabel Geografi
Diantaranya adalah ukuran daerah, kota, kepadatan iklim atau wilayah.
2. Variabel Demografi
Diantaranya adalah keluarga, pendapatan, pekerjaan, siklus hidup, dan umum.
3. Variabel Psikologis
Diantaranya adalah gaya hidup, kelas sosial, kepribadian, status pemakan, tingkat pemakaian produk, atau manfaat yang ingin diketahui.
Selain tiga dasar variabel di atas, terdapat dua dasar lain yang menjadi segmentasi pada pasar industri, yang diantaranya adalah:
Tahap pertama adalah meneatpkan segmentasi pasar secara makro, yaitu dengan berdasar pada pemakai akhir, lokasi bergerak, geografis dan banyaknya langganan.
Tahap kedua merupakan sikap yang ditunjukkan pada penjual, termasuk ciri-ciri kepribadian, atau kualitas produk.
Syarat Segmentasi Pasar
kukm.gunungkidulkab.go.id
Selain memiliki dasar-dasar, terdapat juga syarat-syarat segmentasi pasar yang diantaranya adalah:
Measurable (dapat diukur)
Pembagian kelompok segmentasi pasar haruslah terukur, termasuk besar, luas dan juga daya beli pembeli atau konsumen pada segmen pasar.
Segmentasi pasar juga harus dapat dilaksanakan sehingga program atau strategi pemasaran yang disusun dapat dilaksanakan dengna efektif, efisien dan maksimal.
Substansial (cukup besar)
Syarat cukup besar (substansial) digunakan untuk membantu produsen atau perusahaan supaya bisa menilai apakah produk/jasa yang dijual dapat disegmentasikan dengan baik atau tidak dengan mengetahui kelayakan pasar.
Differentiable (dapat dibedakan)
Karena pada dasarnya mempersempit cakupan target pasar, maka segmentasi pasar haruslah dapat dibedakan dengan jelas tiap segmentasi dengan segemntasi lainnya.
Tujuan Segmentasi Pasar
nutshell.com
Selain memudahkan dalam mengelompokkan segmentasi konsumen, berikut merupakan tujuan dilakukannya segmentasi pasar:
Memudahkan ketika membedakan segmentasi pasar dalam memahami kebutuhan dan minat konsumen.
Perusahaan/produsen dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan segmentasinya.
Strategi pemasaran atau marketing yang sudah disusun lebih terarah, efektif, efisien dan maksimal.
Dapat mengetahui dan mengenal competitor di segmen yan sama
Untuk dapat mengevaluasi target dan juga rencana bisnis
Manfaat Segmentasi Pasar
pixabay.com
Segmentasi pasar juag memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah:
Produsen/perusahaan bisa berada di posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan dalam pemasaran.
Produsen/perusahaan bisa menggunakan pengetahuan mengenai segmentasi yang diketahui terhadap respon dari pemasaran yang berbeda, supaya anggaran yang dialokasikan dapat lebih tepat digunakan.
Produsen/perusahaan bisa mengatur produk/jasa yang lebih baik dan memiliki daya tarik pada pemasarannya.
Keyword:Pengertian Segmentasi Pasar
Related Posts:
Perbedaan Ekonomi Islam dan Konvensional [LENGKAP] Perbedaan ekonomi Islam, konvensional sangat terlihat jelas dari segi prinsip dan dasar hukum yang diterapkan. Jika sistem ekonomi konvensional lebih bersifat liberal dan matrelialis, maka berbeda dengan sistem ekonomi Islam…
Perbedaan Saham dan Obligasi dari Definisi beserta… Perbedaan saham dan obligasi dapat dipahami dari definisi keduanya. Menurut KBBI saham bearti surat bukti kepemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberi hak atas dividen dan lain-lain sesuai besar kecilnya…
Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi Beserta Manfaatnya Tujuan mempelajari ilmu ekonomi – Ekonomi adalah hal yang sangat penting di dunia ini. Ia berhubungan erat dengan kehidupan kita sehari-hari, misalnya saja aktivitas jual beli. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari…
Pengertian Iklan (Sejarah, Ciri-Ciri dan Manfaatnya) Pengertian iklan, sejarah, ciri-ciri dan manfaat iklan itu apa? Pada artikel kali ini kita akan membicarakan sesuatu yang pasti sudah tak asing lagi bagi kita. Sesuatu itu sering muncul untuk…
Manfaat Pasar Modal Untuk Pengusaha, Pemerintah, Dan… Manfaat pasar modal – Orang-orang yang pernah belajar atau yang berkecimpung dalam bidang ekonomi tentu sangat familiar dengan istilah pasar modal. Bagi perusahaan atau institusi, pasar modal ini memberikan peranan…
Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan… Pengertian Pembelajaran - Pembelajaran adalah suatu kata yang sering kita dengar dan pakai. Biasanya kita lebih sering menggunakan kata belajar yang merupakan asal kata dari kata pembelajaran. Tapi sebenarnya apa…
Ruang Lingkup Ekonomi Mikro dan Aspek-Aspek yang DIkajinya Ruang lingkup ekonomi mikro membahas tentang berbagai permasalahan ekonomi dan cara mengatasinya. Melalui analisis teori ekonomi mikro diketahui bentuk, jenis, dan kegiatan ekonomi dalam masyarakat. Ekonomi mikro juga dapat diartikan…
6 Investasi Jangka Pendek dalam Bentuk Syariah Investasi jangka pendek banyak macamnya. Lalu apakah investasi jangka pendek itu? Apa saja investasi jangka pendek yang menguntungkan? Apa sajakah investasi jangka pendek yang ada di Indonesia dan sesuai syariat…
Ukuran Celana Pria dan Wanita, Detail dari Panggul… Ukuran celana - Pada era yang semakin canggih ini, kita diberi kemudahan untuk melakukan apa saja, salah satunya adalah berbelanja atau membeli produk tanpa harus pergi ke pasar atau tempat…
4 Alat Ukur Berat dari yang Ringan Sampai yang Berat Alat ukur berat ada banyak macamnya. Mulai dari timbangan untuk beban 0 – 5 kg, timbangan berat badan, timbangan pasar, timbangan beban berat, jembatan timbang, neraca lengan, hingga neraca elektronik.…
5 Jenis AC yang Paling Banyak Dicari Konsumen di Indonesia Seperti yang sudah kita ketahui jenis-jenis AC terbagi ke dalam berbagai bentuk. Baik itu digolongkan berdasarkan prinsip kerjanya, bentuk, maupun komponen teknologi yang ada pada AC tersebut. Sebelum memutuskan membeli…
Prinsip Ekonomi serta Penjelasan tentang Tindakan… Prinsip ekonomi, yaitu usaha dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan barang atau jasa yang sebesar-besarnya. Terkadang orang juga mengartikan prinsip ekonomi sebagai prinsip dimana kita mengeluarkan modal kecil untuk mendapatkan…
Arti Longlast dan Long-Lasting dalam Bahasa Indonesia Hai semua, kalian pasti pernah dengar kata "longlasting" atau "longlast" kan? Ini adalah istilah dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai tahan lama atau awet. Terkadang kita pun suka menggabungkan kata…
7 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik, Hemat Listrik… Merek Kulkas Terbaik - Sekarang ini kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang seolah wajib ada di dalam rumah karena kemampuannya yang dapat membuat bahan makanan, makanan dan minuman tahan…
Yuk Mengenal Analisis | Pengertian, Turunan Kata dan… Jika berbicara analisis, akan ada banyak pengertian yang berbeda sesuai dengan dalam bidang apa analisis tersebut disebutkan. Namun meskipun memiliki pengertian yang berbeda-beda, benang merah dari atau inti dari analisis…
Pengertian Gastronomi Adalah: Memahami Seni Kuliner… Gastronomi adalah kata yang sering kita dengar, tapi apakah kamu sudah tahu apa maksud dari gastronomi itu sendiri? Gastronomi secara sederhana dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang makanan dan…
Alat Ukur Massa | Pengertian Massa dan Cara Mengukurnya Alat ukur massa adalah neraca dan timbangan. Neraca dan timbangan yang digunakan untuk mengukur massa pun ada banyak macamnya. Sebelum membahas alat ukur massa ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu…
Pengertian, Sistem dan Manajemen Agribisnis [LENGKAP] Pengertian, Sistem dan Manajemen Agribisnis - Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai banyak hal berkaitan dengan agribisnis. mulai dari pengertian agribisnis dan sistem agribisnis, manajemen agribisnis, manajemen produksi agribisnis, pemasaran dan…
Pengertian Pasar Secara Umum dan Menurut Para Ahli Pengertian Pasar - Sebagai sarana pemenuhan kebutuhan primer maupun sekunder, pasar menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan. Pada umumnya kita semua tahu bahwa pasar adalah tempat dimana kita dapat…
Produk Bank Syariah yang Bisa Diakses oleh Nasabah Produk bank syariah ada banyak macamnya, tapi tentu berbeda dengan produk yang ditawarkan oleh bank-bank konvensional. Produk-produk yang ditawarkan oleh bank syariah sudah seharusnya tidak mengandung unsur riba. Berbeda dengan…