Gaya Rambut Pompadour

Apa itu Gaya Rambut Pompadour?

Gaya Rambut Pompadour

Gaya rambut pompadour merupakan salah satu model rambut pria yang mempunyai volume di atas dan membesar pada bagian depan kepala, sedangkan sisanya cenderung lebih pendek. Awalnya, gaya rambut ini populer pada era 1950-an dan dipopulerkan oleh Elvis Presley. Namun, hingga saat ini, pompadour masih menjadi pilihan gaya rambut yang klasik dan terus berkembang dengan berbagai variasi.

Prinsip dari gaya rambut pompadour adalah memungkinkan rambut di atas terlihat lebih penuh dibandingkan sisanya. Bukan hanya sorotan di depan kepala saja, tapi bentuk pompadour ini bisa dibangsai mengikuti selera atau juga bisa dibuat slicked back atau rapih untuk tampilan yang lebih formal.

Penampilan pompadour yang dramatis dan elegan bisa didapatkan dengan perawatan rambut yang tepat. Sebab rambut dipotong dengan model ini harus terlihat tebal dan kuat di bagian atas. Namun, gaya rambut pompadour juga sangat cocok untuk gaya sehari-hari dengan sedikit styling di rumah.

Berikut beberapa variasi model rambut pompadour:

1. Klasik Pompadour

Klasik Pompadour

Model rambut klasik ini umumnya mempunyai rambut dengan panjang yang cukup dan dengan sisiran ke depan. Di sisi lain, rambut pada bagian samping kepala dan belakang biasanya lebih pendek. Untuk mendapatkan tampilan yang maksimal, berikan sedikit gel atau pomade pada puncak atas kepala dan menggunakan sisir untuk meratakan rambut.

2. Short Pompadour

Short Pompadour

Berbeda dengan klasik pompadour, tipe ini cenderung lebih pendek pada puncak kepala. Namun, mulai terlihat lebih tebal dan besar pada bagian depan. Potongan rambut model ini cenderung lebih modern dan tidak terlihat terlalu berlebihan.

3. Extreme Pompadour

Extreme Pompadour

Dibandingkan dengan pola rambut pompadour yang biasa, tipe ini memiliki volume yang lebih banyak dan yang lebih terlihat adalah rambut di sepertiga bagian atas kepala. Gayanya lebih radikal dan sering kali dipilih oleh pria yang ingin tampil berbeda dan mencolok.

4. Wavy Pompadour

Wavy Pompadour

Apabila rambut dimiliki memiliki gelombang atau keriting, ini bisa menjadi alternatif yang bisa dipilih. Sesuai namanya, model ini cukup memanjakan bentuk rambut dengan memberikan volume di puncak. Salah satu kunci tampilan yang tepat adalah dengan meratakan bagian sampingnya dan membiarkan rambut pada bagian atas terlihat masih berantakan namun tetap teratur.

Tidak hanya itu, selain memperhatikan model dan variasi rambut, penting juga untuk merawat rambut dengan tepat setelah menjalani potongan. Sebaiknya gunakan shampo dan conditioner yang cocok dengan jenis rambut, setelah rambut bersih dan kering, gunakan pomade jenis light hold atau medium hold untuk mempertahankan tampilan pompadour yang lebih lama dan terlihat lebih rapi.

Sejarah Gaya Rambut Pompadour


Elvis Presley Pompadour Hair

Gaya rambut pompadour merupakan jenis rambut yang memiliki volume di bagian atas kepala dan diratakan di bagian samping dan belakang kepala. Gaya rambut ini pertama kali muncul pada abad ke-18 dan semakin populer pada dekade 1950-an, khususnya di kalangan penggemar musik Rock and Roll seperti Elvis Presley.

Pompadour awalnya merupakan gaya rambut yang dikenakan oleh wanita di Prancis pada era Louis XV. Wanita-wanita pada saat itu mengubah gaya rambut mereka dengan menata rambut cukup tinggi di atas kepala dengan menggunakan sisir dan bubuk bedak. Gaya rambut ini dinamakan Pompadour karena diambil dari nama seorang wanita bernama Madame de Pompadour, yang merupakan mistress dari raja Louis XV dan dikenal dengan kecantikannya.

Pada era 1940-an dan awal 1950-an, Pompadour menjadi tren rambut bagi pria yang ingin tampil macho dan gagah seperti para bintang Hollywood. Pada saat itu, gaya rambut Pompadour dianggap sebagai simbol maskulinitas dan kekuatan. Namun, pompadour yang dikenakan oleh pria pada saat itu sedikit berbeda dengan pompadour yang kita lihat pada saat ini. Pompadour pada masa itu lebih condong ke belakang dan diratakan di bagian samping.

Pada era 1950-an, gaya rambut Pompadour semakin populer di kalangan para penggemar musik Rock and Roll, terutama setelah Elvis Presley memulai debutnya dengan rambut bergaya pompadour. Elvis menjadi ikon gaya rambut pompadour dan menjadi trendsetter bagi para penggemar musik Rock and Roll lainnya. Pelantun “Jailhouse Rock” ini dikenal dengan rambutnya yang diwarnai cokelat dan diikat ke atas dengan tons of hair gel.

Dalam beberapa tahun terakhir, rambut bergaya Pompadour menjadi tren lagi di kalangan pria. Pompadour kini lebih digemari oleh pria dewasa muda yang ingin tampil gaya dan modern. Pompadour modern cenderung lebih pendek dari gaya rambut Pompadour era 1950-an, namun masih mempertahankan volume yang cukup pada bagian atas kepala. Pompadour juga dapat diadaptasi dengan berbagai bentuk wajah dan jenis rambut, sehingga banyak orang yang tertarik mengenakan gaya rambut yang satu ini.

Siapa yang Cocok dengan Gaya Rambut Pompadour?


Gaya Rambut Pompadour

Gaya rambut pompadour memang menjadi salah satu tren rambut yang digemari oleh para pria. Tapi, apakah styling ini cocok untuk semua orang? Nah, untuk mengetahui jawabannya, kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai.

Gaya Rambut Pompadour untuk Wajah Oval


Gaya Rambut Pompadour untuk Wajah Oval

Apakah kamu memiliki wajah oval? Jika iya, maka kamu sangat beruntung karena styling rambut pompadour sangat cocok untuk jenis wajahmu. Dengan rambut yang diangkat ke atas pada bagian depan, akan memberikan kesan symmetrical yang membuat wajahmu semakin enak dilihat.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan bentuk kepala kamu. Jika kamu memiliki kepala yang cukup besar, maka styling ini kurang cocok untukmu karena akan menonjolkan bagian kepalamu yang besar tersebut.

Gaya Rambut Pompadour untuk Perawakan Tubuh Proporsional


Gaya Rambut Pompadour untuk Perawakan Tubuh Proporsional

Bagi kamu yang memiliki perawakan tubuh yang proporsional, styling rambut pompadour juga cocok untukmu. Pasalnya, rambut pompadour akan memberikan kesan tinggi dan tegap pada dirimu. Jadi, styling ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki tubuh yang agak pendek atau ingin terlihat lebih tinggi.

Namun, bagi kamu yang memiliki tubuh kurus atau kurang berisi, maka styling ini kurang cocok untukmu. Styling rambut pompadour akan membuatmu terlihat semakin kurus dan terkesan “tidak berisi”.

Gaya Rambut Pompadour untuk Gaya Hidup Kekinian


Gaya Rambut Pompadour untuk Gaya Hidup Kekinian

Jika kamu ingin terlihat trendy atau stylish, styling rambut pompadour bisa menjadi pilihanmu. Style rambut ini menjadi tren di era tahun 1950-an, namun hingga saat ini masih tetap digemari oleh para pria yang ingin tampil beda dari yang lain.

Nah, bagi kamu yang masih bingung dengan gaya rambut yang cocok untukmu, styling rambut pompadour bisa menjadi pilihanmu. Selain cocok untuk jenis wajah dan perawakan tubuh tertentu, styling ini juga sesuai untuk gaya hidup kekinian. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ganti gaya rambutmu dengan styling rambut pompadour!

Bagaimana Mendapatkan Gaya Rambut Pompadour?

Gaya Rambut Pompadour

Apakah kalian ingin memiliki penampilan yang stylish dan menarik? Salah satu tips agar kalian terlihat lebih ganteng adalah dengan mengubah gaya rambut kalian menjadi Pompadour. Gaya rambut ini sangat populer pada tahun 1950-an dan sekarang gaya rambut ini mulai booming kembali.

Gaya rambut Pompadour memiliki bentuk yang khas dengan bagian atas rambut yang tebal dan panjang serta bagian samping yang lebih pendek. Umumnya, pria dengan wajah lonjong, bujur sangkar atau oval cocok jika memilih gaya rambut ini. Tidak hanya cocok untuk mereka yang memiliki wajah tertentu, gaya rambut Pompadour juga cocok digunakan untuk kegiatan formal atau nonformal.

Namun, untuk mendapatkan gaya rambut Pompadour, dibutuhkan sedikit trik agar kalian bisa mendapatkannya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk merubah gaya rambut kalian:

  1. Potong rambut bagian bawah dan samping menggunakan mesin cukur atau gunting. Pastikan rambut bagian atas tetap panjang.
  2. Buat bagian rambut atas menjadi lebih panjang dari dua sisi dan jangan lupa untuk membuat efek keriting agar terlihat lebih mengembang. Caranya, belah rambut menjadi beberapa bagian dan kepalanya dililit dengan roll-up atau hair roller. Setelah itu, semprotkan hairspray dan tunggu hingga rambut kering.
  3. Sisir rambut bagian atas ke belakang dan beri sedikit pomade pada bagian ujung rambut untuk menjadikannya lebih kuat.
  4. Gunakan jari untuk mengangkat dan mengatur rambut menjadi bentuk setengah-bulat. Jangan lupa untuk menyemprotkan hairspray agar tampilan rambut tetap tahan lama. Jika kalian ingin tampil lebih maksimal, tambahkan cukup banyak gel rambut dan jangan lupa tutupi rambut yang tak diinginkan dengan gunting kecil.

Saat melakukan gaya rambut Pompadour, jangan lupa untuk merawat rambut agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Gunakan shampoo dan conditioner yang tepat untuk menjaga kelembapan rambut kalian.

Selain itu, membiarkan rambut kalian terurai secara bebas bisa membuat rambut mengalami kerontokan. Gunakan sikat bergigi lebar pada saat mengeringkan rambut dengan hair dryer.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa mendapatkan gaya rambut Pompadour yang keren dan trendy.

Pilih Pomade atau Hair Wax yang Tepat untuk Rambut Pompadour Anda

Pomade and Hair Wax

Perawatan rambut yang tepat adalah kunci untuk menjaga pompadour Anda tetap berdiri sepanjang hari. Salah satu cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat, seperti pomade atau hair wax.

Pomade dan hair wax berfungsi memberikan kontrol lebih terhadap gaya rambut Anda. Sebelum Anda memilih antara keduanya, pastikan untuk mempertimbangkan tekstur rambut dan pilihan gaya rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut tebal dan kasar, mungkin lebih baik menggunakan hair wax yang memberikan daya rekat yang lebih kuat. Namun, jika rambut Anda tipis atau sensitif, pomade dengan kandungan minyak yang lebih tinggi dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan memberikan kilau alami.

Gunakan produk perawatan rambut ini dengan bijak, pilihlah yang tidak mengandung bahan kimia yang keras dan dapat merusak rambut Anda yang tentunya dapat menyebabkan kerusakan permanen pada rambut. Tentukan jenis produk perawatan rambut yang tepat untuk rambut pompadour Anda dan gunakan memakainya dengan cara yang benar.

Cuci Rambut Pompadour dengan Cara yang Tepat

Cara Mencuci Rambut

Cuci rambut pompadour dengan benar sangat penting dalam menjaga gaya rambut Anda tetap terlihat keren dan menjaga kesehatan rambut Anda. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah sering mencuci rambut terlalu sering atau terlalu kuat.

Penting untuk memilih sampo yang tidak mengandung bahan kimia yang keras dan tidak terlalu sering mencucinya. Selain itu, gunakan air dingin atau hangat, hindari air panas yang dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan menyebabkan kerontokan pada rambut. Gunakan sampo yang berkualitas dan disesuaikan dengan jenis rambut Anda dan jangan lupa untuk membilas rambut hingga bersih dan bebas dari sabun.

Jangan pernah menggosok kulit kepala secara kasar saat mencuci rambut, karena hal ini dapat merusak rambut dan membuatnya rusak serta tipis. Selalu jaga agar Anda menggunakan teknik mencuci rambut yang tepat sehingga rambut terlihat bersih dan sehat.

Bentuk Gaya Rambut Pompadour Anda Dengan Benar

Bentuk Gaya Rambut

Bentuk gaya rambut pompadour Anda dengan benar sangat penting dalam menjaga rambut tetap berdiri sepanjang hari. Agar dapat membentuk rambut dengan tepat, Anda membutuhkan sisir, pomade atau wax yang sangat penting dalam membentuk rambut menjadi gaya yang Anda inginkan.

Pertama, sisir rambut Anda dari belakang hingga ke arah depan. Kemudian, ambil pomade atau hair wax dan usapkan ke telapak tangan Anda sampai merata. Oleskan produk perawatan rambut pada rambut Anda yang sudah disisir sambil membentuk rambut dari depan dan ke atas agar rambut melebar dan terlihat lebih berisi.

Jika Anda memiliki rambut tebal atau kasar, Anda mungkin perlu menggunakan lebih banyak produk perawatan rambut. Setelah mengoleskan produk perawatan rambut pada rambut, gunakan sisir untuk membentuk rambut secara merata.

Potong Rambut Anda Secara Teratur

Tips Potong Rambut

Memotong rambut secara teratur adalah kunci dalam menjaga tampilan rambut pompadour Anda terjaga. Potong rambut secara teratur akan membuat rambut terlihat lebih sehat, mudah diatur, dan merampingkan bentuk rambut pompadour.

Disarankan untuk memotong rambut setiap 2-3 bulan sekali tergantung rambut Anda. Jangan lupa untuk meminta bantuan dari penata rambut profesional yang dapat merekomendasikan potongan rambut sesuai dengan gaya rambut pompadour Anda. Meminta nasihat dan saran dari penata rambut profesional akan membantu Anda mendapatkan tips yang baik untuk merawat pompadour Anda.

Jaga Kesehatan Rambut Pompadour Anda

Jaga Kesehatan Rambut

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kesehatan rambut pompadour Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala Anda, menghindari penggunaan produk perawatan rambut yang keras, dan menghindari penggunaan alat penata rambut panas yang dapat merusak rambut.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan rambut yang optimal ,pastikan Anda makan makanan sehat dan bergizi yang melindungi rambut Anda dari kerusakan dan menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Usahakan untuk rutin melakukan aktivitas fisik yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kepala dan rambut Anda sehingga rambut Anda tetap sehat dan kuat.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat mempertahankan gaya rambut pompadour yang berdiri sepanjang hari dan rambut yang sehat serta kuat.

Contoh Selebriti dengan Gaya Rambut Pompadour


Elvis Presley Pompadour

Pompadour adalah gaya rambut yang awalnya diperkenalkan pada tahun 1700-an oleh Madam de Pompadour, seorang kekasih raja Prancis. Gaya rambut ini kemudian populer di kalangan pria pada tahun 1950-an dan menjadi legendaris karena beberapa selebriti yang menggunakannya. Berikut ini adalah enam selebriti yang terkenal dengan rambut pompadour:

  1. Elvis Presley
  2. Elvis Presley Pompadour

    Siapa yang tak kenal dengan Raja Rock and Roll? Selain dengan lagu dan penampilannya yang menghebohkan, Elvis Presley juga dikenal dengan rambutnya yang khas dengan gaya rambut pompadour. Ia mulai menggunakan gaya rambut ini sejak awal kariernya dan terus mempertahankan gaya itu hingga kematiannya pada tahun 1977. Gaya rambut pompadour-nya menjadi iconik dan melegenda, sehingga banyak orang yang menirunya bahkan hingga sekarang.

  3. James Dean
  4. James Dean Pompadour

    James Dean adalah aktor legendaris yang terkenal karena aktingnya, dan juga gaya penampilannya. Salah satu ciri khasnya adalah rambut pompadour yang berantakan, sehingga terlihat seperti sedang messy. Namun, meski terlihat acak-acakan, rambut pompadour-nya sangat cocok dengan wajah dan kepribadiannya, sehingga membuat penampilannya semakin charming.

  5. Zac Efron
  6. Zac Efron Pompadour

    Zac Efron adalah aktor muda yang terkenal karena penampilannya yang tampan dan bodynya yang atletis. Namun, gaya rambut pompadour-nya juga tak kalah menarik. Rambutnya yang dicukur pendek di bagian samping dan belakang, namun justru dikepang ke atas di bagian atas kepala dengan sedikit gel, memberikan kesan modern dan stylish.

  7. Johnny Cash
  8. Johnny Cash Pompadour

    Johnny Cash adalah musisi legendaris yang terkenal dengan lagunya yang penuh dengan emosi dan rasa. Namun, di balik musiknya yang memukau, ia juga dikenal dengan rambut pompadour-nya yang klasik. Gaya rambutnya yang sederhana namun elegan, sangat cocok dengan kepribadiannya yang penuh dengan rasa hormat dan penghargaan.

  9. Bruno Mars
  10. Bruno Mars Pompadour

    Bruno Mars adalah musisi populer yang terkenal dengan lagunya yang upbeat dan enerjik. Namun, gaya rambut pompadour-nya membuat penampilannya semakin menarik. Rambutnya yang tebal dan dipotong pendek di bagian bawah, namun meninggalkan volumenya di atas kepala, memberikan kesan funky dan playful.

  11. David Beckham
  12. David Beckham Pompadour

    David Beckham adalah pemain sepak bola terkenal yang juga dikenal dengan penampilannya yang stylish. Gaya rambut pompadour-nya yang klasik dan elegan, sangat cocok dengan kesan yang ingin ia tampilkan. Rambutnya yang dipotong pendek di bagian bawah, namun dibiarkan tebal dan volumenya di atas, memberikan kesan yang macho dan terlihat lebih tinggi.

Pompadour Classic


Pompadour Classic

Gaya rambut pompadour classic merupakan gaya rambut yang terinspirasi dari rambut Elvis Presley pada tahun 1950-an. Gaya rambut ini memiliki sisi rapi di bagian depan dan samping kepala dengan tambahan volume dan panjang pada bagian atas kepala. Pompadour classic biasanya menggunakan minyak rambut atau hair wax untuk menjaga bentuk rambut dan memberikan kilau alami.

Pompadour Besar


Pompadour Besar

Gaya rambut pompadour besar memiliki volume rambut yang lebih tebal dan panjang daripada gaya rambut pompadour classic. Gaya rambut ini menciptakan kesan berani dan maskulin. Pompadour besar cocok untuk diaplikasikan pada rambut yang tidak terlalu lurus, sehingga memungkinkan menciptakan gaya rambut yang lebih tebal dan bervolume.

Pompadour Undercut


Pompadour Undercut

Pompadour undercut yaitu variasi gaya rambut pompadour dengan potongan rambut pendek atau botak di bagian sisi dan punggung kepala, sementara pada bagian atas kepala tetap mempertahankan rambut yang panjang dan voluminous. Gaya rambut ini memiliki tampilan yang unik dan modern dan sangat cocok untuk gaya rambut pria yang memiliki kepribadian yang eksentrik.

Pompadour Comb Over


Pompadour Comb Over

Pompadour comb over merupakan gaya rambut pompadour yang lebih rapi dengan bagian poni yang terkombinasi ke samping sambil dipotong lebih rapi. Gaya rambut ini biasanya memakan peralatan styling seperti sisir rambut dan hair dryer untuk memberikan gaya rambut terbaik.

Temple Fade Pompadour


Temple Fade Pompadour

Temple Fade Pompadour yaitu variasi gaya rambut pompadour dengan kontras warna dan efek garis yang lebih jelas. Gaya rambut ini memiliki potongan atau penipisan di area pelipis, namun sisi depan dan bagian atas masih tetap panjang dan voluminous. Gaya rambut ini cocok untuk mereka yang ingin tampil berbeda dengan menambahkan elemen rapi dan sedikit punk.

Short Pompadour


Short Pompadour

Short pompadour atau pompadour pendek yaitu variasi gaya rambut pompadour yang beradaptasi dengan panjang rambut yang lebih pendek. Gaya rambut ini mempertahankan rambut yang tinggi di bagian depan dan atas kepala, sementara sisi-sisi kepala lebih pendek. Pompadour pendek cocok untuk mereka yang mencari tampilan yang lebih segar dan lebih mudah dikendalikan.

Modern Pompadour


Modern Pompadour

Modern pompadour merupakan variasi gaya rambut pompadour yang lebih chic dan modern daripada gaya rambut pompadour klasik. Gaya rambut ini memiliki variasi panjang rambut pada bagian atas kepala, serta potongan rambut yang lebih pendek pada bagian sisi dan belakang kepala. Gaya rambut ini memadukan elemen klasik dan modern untuk menciptakan tampilan yang lebih segar dan gaya untuk pria masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *